PROFIL PANTI ASUHAN

PROFIL

PANTI ASUHAN KRISTEN TAMARISKA BALIKPAPAN

(PAKTB)

APA ITU PAKTB ?

Panti Asuhan Kristen Tamariska Balikpapan (PAKTB) adalah Program kerja Yayasan kristen Tamariska Balikpapan. PAKTB adalah lembaga Kristen yang berdiri terinspirasi dari Firman Tuhan dalam 1 Yohanes 3 : 18 : “ Anak– anak-Ku, marilah kita mengasihi bukan dengan perkataan atau dengan lidah, tetapi dengan perbuatan dan dalam kebenaran”. Melalui nas ini PAKTB termotivasi untuk mengaplikasihkan kasih bagi sesama umat manusia. Lembaga ini tidak  berada dibawah satu denominasi Gereja, melainkan bekerjasama dengan semua denominasi Gereja dan pihak manapun yang sama Visi dan Misinya.

SEKILAS TENTANG PAKTB

Panti Asuhan Kristen Tamariska Balikpapan (PAKTB) adalah sebuah Lembaga sosial kemanusiaan dan keagamaan  yang hadir dan peduli untuk menanggulangi masalah – masalah sosial, dimulai di Balikpapan pada :

  • 25 April 2000.
  • Akta Notaris No: 85 Tgl 25 April 2002 Dan  Akte Diperbaharuhi
  • Nama Akta Notaris Cathy Megawe SH, M.Kn 170 Tgl 21 Nopember Tahun 2014
  • Sk Meteri Hukum Dan Ham No: Ahu -10114.50.10.2014 Jakarta
  • Terdaftar di Disnaskersos diperbaharui  tanggal  10 Oktober 2013  No SKKT : 466.5/3900/Disnaskersos
  • Izin operasional : No. SIO : 466.5/3901/Disnaskersos
  • Kesbangpol No : SKK/220/20/KBP-HAL/I/2015

Masalah – masalah sosial kemanusiaan merupakan tanggungjawab kita bersama untuk memperhatikan, menjaga dan menanggulanginya. Banyak gejala sosial yang seringkali muncul dan jika tidak ditanggulangi secara dini akan menimbulkan berbagai dampak sosial yang negatif.  Misalnya bahaya penyalagunaan obat – obat terlarang (Narkoba), dan pekerja seks komersial (PSK) yang menimbulkan kerusakan moral dikalangan generasi muda bahkan masyarakat pada umumnya. Disamping itu minimnya perhatian masyarakat terhadap anak – anak terlantar dan menjadi anak – anak jalanan. Namun jika hal ini dapat di antisipasi sejak dini maka hal –hal negatif  tersebut dapat di hindari.

Masalah – masalah kemanusiaan tersebut dalam era informasi dan globalisasi ini justru semakin meningkat, sedangkan pelayanan Kristen masih belum maksimal dalam menjangkau mereka. Dengan melihat hal ini para hamba Tuhan yang hadir dalam pertemuan tersebut melihat perlunya ada sebuah pelayanan melalui suatu lembaga yang mengkhususkan diri dalam pelayanan ini. Dengan tidak mengecilkan arti pelayanan dari gereja maupun lembaga – lembaga sosial lainnya yang sudah ada, gagasan ini kemudian di tindak lanjuti dengan mendirikan Panti Asuhan Kristen Tamariska Balikpapan (PAKTB) di Balikpapan.